Thursday 12 September 2013

Antonim oleh Muhd Andi Mohd Zulkepli

Aku merasa heran
bagaimana orang-orang bisa sangat nyaman hidupnya
di atas keringat dan darah orang lain yang bertungkus-lumus
hanya untuk meraih beberapa sen wang
dan hanya untuk mengumpulkan harta yang sebanyaknya
bagi orang tadi yang hidupnya sangat nyaman!
Aku merasa heran
bagaimana para pekerja
bisa diam di saat haknya dicabuli
hanya kerana demokrasi telah lama mati terkubur bersama mimpi-mimpi mereka yang abadi!
Aku merasa heran
bagaimana para politikus
bisa bermain api
dengan meranapkan segala impian para ibu dan bapa
serta sang anak kecil
dengan menghempapkan 'impian' mereka
di atas segala impian-impian milik para ibu, bapa dan sang anak kecil yang bernama rakyat!
Aku merasa heran
bagaimana orang-orang agama
bisa khusyuk beribadah
bukan dengan melupakan sejenak,
malah
terus membisu dan terkatup diam
di saat para mustadh'afin masih banyak yang tertindas!
Aku merasa heran
antonim kehidupan sangat nyata dan semarak menyala!
dan yang aku maksudkan
bukan antonim yang diajar secara teknis
sepertimana banyak ilmu bahasa yang terlalu keterlaluan diajar secara teknis
yang hadir dalam berbanyak-banyak kelas
yang terpisah dari membicarakan keadaan yang nyata
dan yang membutuhkan keberadaan di sisi jiwa para sang guru
untuk menghadirkan harapan bagi masa depan yang tampak kelam...buat masa ini.

Muhd Andi Mohd Zulkepli

0 comments :

Post a Comment